Rabu, 07 September 2016



Dalam perlombaan PBB ataupun Lomba Formasi Pengibaran Bendera (LFPB), salah satu kriteria yang dinilai ialah Formasi (Pada LFPB saja) dan Variasi (pada PBB dan LFPB). Biasanya urutan aba-abanya ialah Haluan, Melintang, Formasi, dan Variasi.
Namun pernahkah kalian melihat salah satu peserta melakukan Formasi dan Variasi dengan gerakan yang hampir mirip? Atau dimana mereka hanya menyerukan satu aba-aba saja namun melakukan 2 gerakan sekaligus (Formasi dan Variasi).

  1. Formasi ialah susunan, bentuk barisan. Oleh karena itu, apabila kita melakukan Formasi, ada aba-aba Buka Formasi & Tutup Formasi, karena saat membuka Formasi, akan ada suatu bentuk akhir, misal seperti ini: 
  2. Variasi ialah perubahan dari keadaan semula, bentuk yang lain. Maka jika kita berbicara variasi, tidak perlu ada Buka Variasi atau Tutup Variasi, karena fokusnya ialah pada proses. Misal, dalam variasi terdapat gerakan hormat yang sudah dimodifikasi, gerakan memanah, menembak, yel-yel, nyanyian, puisi, dsb. Misal seperti ini: 

Sampai saat ini belum ada yang menemukan referensi hukum yang bisa digunakan untuk mendefinisikan Formasi dan Variasi. Namun, diharapkan dengan adanya tulisan ini bisa membuka mata kita semua  bahwa esensi Formasi dan Variasi itu berbeda. Sehingga tidak lagi kita melihat dilakukan aba-aba “Buka Formasi.. JALAN” namun gerakan yang dilakukan ternyata merupakan modifikasi dari PBB dasar, misal ditambah yel-yel, dan tidak ada bentuk akhir.
Jadi, yang termasuk Formasi ialah:
  1. Dimulai dengan aba-aba “Buka Formasi… JALAN!” dan ditutup dengan aba-aba “Tutup Formasi… JALAN!”
  2. Merupakan gerakan PBB dasar, tanpa modifikasi (nyanyian, yel, gerakan memanah, menembak, tarian, dsb)
  3. Ada bentuk akhir (bentuk daun, segitiga, panah, dsb)
Dan yang termasuk Variasi ialah:
  1. Tidak harus ada aba-aba membuka dan menutup, bisa hanya dengan aba-aba “Variasi… MULAI!”
  2. Merupakan gerakan modifikasi (yel, Langkah Thunder, Hyperclip, gerakan memanah, menembak, tarian, dsb)
  3. Tidak harus ada bentuk akhir (karena juga tidak harus ada aba-aba menutup variasi)
Bagaimana? Anda setujui? Atau ada pendapat lain? Yuk diskusikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat terimakasih ;)

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

    Blogger news

    Blogroll

    Translate